Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, perusahaan dituntut untuk meningkatkan teknik promosinya. Perusahaan harus beradaptasi untuk menjadi perusahaan yang customer-oriented agar dapat bersaing di pasar. Perusahaan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam teknik promosinya. Secara singkat, product placement merupakan penempatan produk yang dilakukan oleh penjual di dalam media seperti film atau radio untuk aktivitas promosi. Kedatangan budaya asing seperti Korean Wave atau Hallyu dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan dalam melakukan aktivitas pemasaranya. Melihat perkembangan drama Korea yang begitu pesat, brand kosmetik asal Korea Laneige, melakukan product placement pada drama Korea “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo”. Lewat aktivitas tersebut, Laneige berharap bahwa audiens dapat lebih sadar akan adanya brand Laneige. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Pemasaran, Product Placement dan Film. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa teknik product placement yang dilakukan Laneige pada drama Korea “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo” sukses dalam membentuk kesadaran penonton atas brand Laneige. |