Anda belum login :: 07 Jun 2025 11:01 WIB
Detail
BukuHubungan Self-Competence dan Self-Liking (SCSL) dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Aktif di DKI Jakarta
Bibliografi
Author: MULIANI, MARIA BRIGITTA ; Witarso, Laurentius Sandi (Advisor)
Topik: self-competence; self-liking; prestasi akademik; mahasiswa DKI Jakarta
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Sebagai lembaga pendidikan formal, perguruan tinggi berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi proses pendidikan adalah self-esteem dimana self-competence (kompetensi diri) dan self-liking (penerimaan diri) terdapat di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara dua dimensi, yaitu self-competence dan self-liking dengan prestasi akademik mahasiswa aktif di DKI Jakarta.
Untuk mengukur self-competence dan self-liking, penelitian ini menggunakan alat ukur Self-Liking and Competence Scale-Revised (SLCS-R). Kemudian pada prestasi akademik, penelitian ini menggunakan Indeks Prestasi Akademik (IPK). Dengan menggunakan teknik convenience sampling, peneliti berhasil mengumpulkan 217 partisipan. Data yang terkumpul diolah menggunakan JASP 0.17.0.0 dengan menggunakan Spearman Correlation. Hasil analisa data menunjukkan bahwa masing-masing dua dimensi, yaitu self-competence dan self-liking memiliki hubungan yang tidak signifikan secara negatif dengan prestasi akademik.
Hasil ini berbeda dari penelitian terdahulu yang menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara positif antara self-competence dan self-liking dengan prestasi akademik. Penelitian ini menemukan terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi hubungan antara antara self-competence dan self-liking dengan prestasi akademik, seperti seperti self-efficacy, lingkungan belajar, dukungan sosial, dan motivasi belajar mahasiswa. Namun faktor-faktor tersebut belum diteliti secara mendalam di dalam penelitian ini. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan penelitian selanjutnya untuk menggunakan variabel self-efficacy, lingkungan belajar, dukungan sosial, dan motivasi belajar untuk melihat bagaimana hubungan antara self-competence dan self-liking dengan prestasi akademik mahasiswa di DKI Jakarta.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)