Celebrity endorsement merupakan strategi pemasaran yang umumnya digunakan oleh beberapa brand untuk mempromosikan sebuah produk. Aktivitas promosi ini dilakukan publik figur, seperti artis, selebriti, dan influencer terkenal. Popularitas artis digunakan untuk memberikan pengaruh dalam sebuah produk untuk menarik perhatian target konsumen. Hal ini dilakukan brand skincare dan makeup terkenal yaitu SKINTIFIC dengan menggunakan selebriti terkenal Raline Shah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorsement SKINTIFIC terhadap minat beli konsumen serum foundation pada akun Instagram @skintificid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrument Teknik pengumpulan data. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Celebrity Endorsement, dan minat beli. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu celebrity endorsement dengan tiga dimensi yakni credibility (expertise dan trustworthiness), attractiveness (similarity, familiarity, dan liking), dan power. Variabel kedua adalah minat beli yang terdiri dari empat dimensi yaki attention, interest, desire, dan action. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser Raline Shah berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli sebesar 73,5%. |