Anda belum login :: 05 Jun 2025 06:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC RESILIENCE DAN ACADEMIC STRESS COPING STYLE SISWA DAN SISWI SMA SWASTA KATOLIK DI INDONESIA
Bibliografi
Author:
Satyalanang, Yohanes Novandeo
;
Ronauli, Puji Tania
(Advisor)
Topik:
Siswa dan Siswi SMA
;
Sekolah Katolik
;
Stress Akademik
;
Resiliensi Akademik
;
Coping Stress Akademik
;
Hubungan
;
Korelasi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007000069_Yohanes Novandeo Satyalanang_LembarAdministrasi.pdf
(557.28KB;
3 download
)
202007000069, Yohanes Novandeo Satyalanang, Puji Tania Ronauli M.Psi., Hubungan Antara Academic Resilience Dan Academic Stress Coping Style Siswa dan Siswi SMA Katolik, 7 Agustus 2024.pdf
(883.27KB;
11 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara resiliensi akademik dengan coping stress akademik siswa dan siswi SMA Swasta Katolik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh stress akademik yang dialami oleh siswa-siswi, di mana mereka menerima banyaknya tuntutan akademik, sehingga pada kondisi seperti ini pentingnya siswa-siswi SMA untuk memiliki coping stress akademik serta resiliensi akademik pada diri mereka. Coping stress akademik adalah cara yang dilakukan siswa dan siswi dalam menanggulangi masalah dengan menggunakan pendekatan secara langsung dalam cara penanggulangan masalah pada akademik secara khusus, sedangkan resiliensi akademik merupakan kapasitas seorang individu untuk mengatasi kesulitan berat, yang di mana kesulitan tersebut dapat menjadi ancaman atau masalah utama bagi perkembangan dalam bidang akademis siswa dan siswi.
Jenis penelitian ini bersifat regresi kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Swasta Katolik kelas 10 dan 11 dari kota Bandung, Jakarta, dan Bekasi, dan total dari subjek penelitiannya sebanyak 324 orang. Metode pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling, dengan menggunakan dua alat ukur, yaitu Academic Resilience Scale (ARS-30) dan Student Coping Instrument (SCOPE), di mana SCOPE terbagi menjadi dua coping style, yaitu Academic Problem Focused Coping dan Academic Emotion-Focused Coping. Dari hasil penelitian, resiliensi akademik berkorelasi signifikan dengan kedua coping style.
Dengan demikian, resiliensi akademik dan coping stress akademik memiliki hubungan yang signifikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)