Anda belum login :: 30 Apr 2025 16:07 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN JOB SATISFACTION DENGAN EMPLOYEE PERCEIVED SERVICE QUALITY PENGEMUDI TAKSI BLUE BIRD POOL BUNCIT
Bibliografi
Author: 'GRACE, MARIA ; Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti (Advisor)
Topik: job satisfaction; employee perceived service quality; pengemudi taksi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
PT. Blue Bird, Tbk adalah sebuah perusahaan penyedia jasa transportasi yang taksinya mendominasi di Indonesia, khususnya di Jakarta. Nilai perusahaan yang mengedepankan kualitas pelayanan unggul membuat para pengemudi taksinya dikenal memiliki layanan yang baik di kalangan jasa transportasi lainnya. Hal ini diyakini dipengaruhi oleh tingkat kepuasan kerja penyedia jasa. Sebuah argumen menyatakan bahwa service quality lebih baik diukur dari sisi penyedia jasa, atau disebut sebagai employee perceived service quality (EPSQ). Apabila pengemudi taksi memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi, maka persepsi pengemudi akan kualitas layanannya juga tinggi, dan begitupun sebaliknya, sehingga dapat dikatakan bahwa job satisfaction memiliki korelasi dengan EPSQ.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode convenience sampling, Partisipan penelitian ini adalah 152 pengemudi taksi Blue Bird di Pool Buncit. Data pada penelitian diambil dengan menggunakan dua alat ukur yaitu JSS (Job Satisfaction Survey) dan EPSQ (Employee Perceived Service Quality) yang diadaptasi dari alat ukur SERVQUAL yang disusun dalam kuesioner google form dan disebarkan di Pool Buncit.
Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara job satisfaction dengan employee perceived service quality. Terdapat juga hasil tambahan, yaitu ada korelasi antara job satisfaction dengan lama kerja responden. Hasil ini memunculkan saran pada para pengurus dan divisi HR untuk menciptakan program atau kebijakan yang dapat mempertahankan atau meningkatkan kepuasan kerja pengemudinya serta melakukan evaluasi pada kepuasan kerja pengemudi yang sudah tua agar kualitas layanan dapat tetap terjaga.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)