Anda belum login :: 25 Apr 2025 06:00 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIKA ATMA JAYA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI
Bibliografi
Author: Lestari, Sarvira Ayuning ; Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti (Advisor)
Topik: regulasi emosi; prokrastinasi akademik; skripsi; mahasiswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Skripsi menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa S-1 di Indonesia. Penyusunan skripsi bukanlah proses yang mudah dan cepat untuk diselesaikan. Seringkali ditemukan mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu, salah satu penyebabnya adalah karena mahasiswa menunda pengerjaan skripsinya. Penundaan waktu kelulusan termasuk sebagai perilaku prokrastinasi akademik. Prokrastinasi membawa dampak negatif bagi individu, seperti persepsi diri yang buruk dan munculnya emosi negatif sebagai bentuk ketidaknyamanan. Untuk mengatasi dampak psikologis yang buruk, kesadaran emosional dapat dilibatkan untuk mengidentifikasi pikiran dan emosi negatif. Dalam mengatasi permasalahan emosi, individu membutuhkan kemampuan untuk meregulasi emosi. Terutama bagi mahasiswa dalam menghadapi berbagai hambatan selama pengerjaan skripsi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara regulasi emosi dan prokrastinasi akademik mahasiswa Unika Atma Jaya yang sedang menyusun skripsi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unika Atma Jaya angkatan 2017-2019 sebanyak 106 partisipan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur Emotional Regulation Questionnaire (ERQ) yang terdiri dari 36 item dan Skala Kecenderungan Prokrastinasi Akademik yang terdiri dari 10 item.

Hasil korelasi Pearson menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dan prokrastinasi akademik mahasiswa Unika Atma Jaya yang sedang menyusun skripsi (r = -0,132, p = 0,179). Terdapat faktor lain yang menentukan tingkat regulasi emosi dan prokrastinasi akademik mahasiswa, yaitu faktor internal, eksternal, umur, budaya, dan karakteristik individu. Melalui hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi mahasiswa untuk mencegah mencegah terjadinya prokrastinasi akademik terutama saat penyusunan skripsi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.40625 second(s)