Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kreativitas terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi Psikologi di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Tenik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 94 responden. Analisis penelitian dilaksanakan dalam bentuk analisis deskriptif, uji normalitas, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Sementara itu, kreativitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kemudian, motivasi dan kreativitas secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dapat melakukan perbaikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa yang didasarkan pada hasil uji dan perhitungan yang sudah dilakukan, yang mana variabel motivasi memiliki nilai rata-rata yang rendah jika dibandingkan variabel kreativitas. Pihak Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dapat mengadakan beberapa kegiatan (seminar, workshop, atau pelatihan) berkala dan bermutu untuk mahasiswa tanpa menunggu peluang kerja sama dengan pihak lain, menyediakan mentoring atau bimbingan khusus melalui kolaborasi antarprodi dan lintas disiplin, dan mempermudah jalur penerimaan atau seleksi Atma Jaya Inkubator Bisnis (AJIB) dengan mempertimbangkan pengetahuan dan wawasan setiap mahasiswa dari berbagai ilmu disiplin. Pihak prodi Psikologi dapat membantu pengembangan minat berwirausaha terhadap mahasiswa prodi Psikologi secara langsung, seperti menetapkan mata kuliah wajib dasar-dasar kewirausahaan, mengundang mentor atau entrepreneur berpengalaman dengan latar belakang pendidikan Psikologi, dan menambah pengembangan karakter mahasiswa, seperti workshop wajib tentang jiwa enterpreneurship. Selain itu, peneliti menyarakan pada penelitian berikutnya untuk menambahkan jumlah responden, luas cakupan daerah penelitian, dan menggunakan variabel-variabel lain yang kemungkinan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha. |