Anda belum login :: 23 Jul 2025 23:02 WIB
Detail
BukuPENGGUNAAN KONSEP PENDEKATAN LUAS PADA PERKALIAN BILANGAN DI KELAS II SD MGR GABRIEL MANEK BEKASI
Bibliografi
Author: LENY, ROSIANI PULO ; Rahmawati, M. Chori (Advisor)
Topik: Pembelajaran Matematika; Konsep Pendekatan Luas dan Perkalian
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sudah ada di jenjang tingkat sekolah dasar maupun tingkat sekolah menengah. Salah satu terkait materi perkalian, yang dimana siswa belum memahami konsep perkalian dengan baik. Pendekatan luas merupakan salah satu pendekatan pembelajaran konsep matematika yaitu pembelajaran matematika secara konseptual, dalam hal ini konsep luas yang digunakan sebagai metode atau strategi pembelajaran matematika. Untuk lebih membantu siswa dalam pemahaman konsep pendekatan luas pada perkalian bilangan di kelas II sekolah dasar, peneliti menggunakan teori tahapan Bruner. Pada tahapan tersebut terdapat 3 tahapan yaitu; Enaktif, Ikonik dan Simbolik. Tahap enaktif adalah tahap belajar dimana siswa diberi kesempatan dalam memanipulasi objek konkret secara langsung. Tahap ikonik adalah tahapan belajar yang dimana siswa memanipulasi objek konkrit ke dalam bentuk gambar. Tahap simbolik adalah tahapan belajar dimana siswa memanipulasi gambar pada tahapan sebelumnya ke dalam simbol-simbol matematika. Pemahaman konsep matematika pada materi perkalian dan pembagian merupakan kemampuan peserta didik dalam menentukan dan membuat suatu pengertian yang benar tentang konsep perkalian dan pembagian. Guru menggunakan ketiga tahapan belajar menurut teori Bruner tersebut dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa di kelas. Dalam penelitian juga dilihat alur pelaksaan pembelajaran yang dimulai dari persiapan, pelaksanaan dan tahapan akhir. Penggunaan konsep pendekatan luas pada perkalian bilangan di kelas II SD, peneliti menyimpulkan bahwa belum semua siswa paham. Sehingga saran untuk guru, sekolah dan calon guru untuk terus mengembangkan kreatifitas dan ide-ide dalam pembelajaran perkalian dengan menggunakan pendekatan luas. Dengan menggunakan konsep pendekatan luas pada perkalian bilangan, siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)