Anda belum login :: 03 May 2025 15:24 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Karakter Kejujuran Melalui Program Galon Kejujuran Di SD Tarakanita Citra Raya Tangerang
Bibliografi
Author:
PUTRA, EDO WIRATAMA
;
Rahmawati, Magdalena Chori
(Advisor)
Topik:
Pendidikan Karakter
;
Kejujuran
;
Program Galon Kejujuran
;
Program Sekolah
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Abstract
Pendidikan di Indonesia memiliki peran strategis dalam transformasi budaya dan pengembangan karakter siswa. Meskipun banyak upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pendidikan karakter masih menjadi tantanganbagi bangsa khususnya kejujuran. Salah satu sekolah yang sudah mulai mengembangkan program dalam meningkatkan serta melakukan perubahan terhadap perkembangan karakter siswa adalah SD Tarakanita Citra Raya Tangerang, salah satu programnya adalah Program galon kejujuran merupakan inovasi dalam membentuk karakter siswa dengan fokus pada nilai kejujuran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana galon kejujuran ini di implementasikan , dari penerapan galon kejujuran serta melihat lebih dalam mengenai penerapan galon kejujuran dan dampak yangdihasilkan bagi siswa, sekolah dan pendidik, melalui program galon kejujuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan hasil observasi yang digunakan sebagai pelengkap. Hasil penelitian dalam pengimplementasian program galon kejujuran dalam mendorong perilaku jujur dan berkarakter tentu melibatkan seluruh warga sekolah khususnya pendidik dan siswa dimana siswa dapat mengisi ulang air minum tanpa dan mengambil uang kembalian secara mandiri tanpa adanya guru atau petugas yang menjaga program tersebut. Program tersebut memiliki beberapa hambatan dalam penerapan salah satunya adalah ketika program galon kejujuran habis dan siswa perlu mencari galon yang berisi air dari tiap penerapan. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa program galon kejujuran ini dapat membentuk karakter siswa khususnya adalah karakter jujur dimana program ini menggunakan sistem self-service atau melayani diri sendiri, namun dalam pelaksanaannya program galon kejujuran ini tidak lepas dari adanya kendala atau hambatan yakni siswa kesulitan dalam mencari galon yang masih berisikan air di sekolah ketika program galon kejujuran di lantai 2 habis sehingga siswa perlu mencari galon yang masih utuh atau berisikan air untuk mengisi ulang air minum
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)