Media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus bisa merancang dan menggunakan media pembelajaran secara efektif. Guru harus memahami berbagai jenis media pembelajaran, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing media. Guru juga harus mampu memilih media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru untuk penggunaan media digital di SD Santo Fransiskus III Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan dua rangkaian siklus dan mempelajari dua platform media digital yaitu Canva dan Quizizz. Siklus pertama berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam penggunaan media digital khususnya pada platform Canva dan Quizizz pada aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran. Siklus kedua berfokus pada peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan media digital pada aspek sikap dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru terhadap perancangan dan penerapan media digital mengalami peningkatan setelah mengikuti penelitian tindakan ini. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil tes pengetahuan dan keterampilan guru, serta hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. |