@america merupakan pusat informasi budaya Amerika Serikat yang menyebarkan kebudayaan melalui beragam aktivitas unik dan menarik seperti workshop, music show, dan pemasangan instalasi yang ada di dalamnya. Selain itu, @america menyediakan layanan konsultasi pendidikan di Amerika Serikat serta kiat-kiat mengenai persiapan yang dibutuhkan. Sejak tahun 2010, @america telah bekerja sama dengan U.S. Embassy dalam pembuatan kegiatan di @america. Kebudayaan Amerika Serikat telah diadopsi masyarakat Indonesia sejak lama. Mulai dari sistem pemerintahan, musik, gaya hidup hingga produk yang diimpor ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aktivitas experiential marketing @america dalam membentuk brand awareness di benak konsumennya. Konsep dasar yang digunakan sebagai acuan adalah Komunikasi Pemasaran dan Integrated Marketing Communication, sedangkan konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Experiential Marketing dan Brand Awareness. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan empat pengunjung @america dan hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness @america terbentuk pada tahap brand recognition dan top of mind melalui aktivitas experiential marketing yang dilakukannya. Ditemukan bahwa Strategic Experiential Modules (SEMs) sense, feel, dan act merupakan aspek yang paling dirasakan dalam pengalaman konsumen dalam membentuk brand awareness mereka. Ditemukan pula bahwa Experience Providers (ExPros) people memberikan kesan yang baik kepada pengunjung dalam mendorong terbentuknya brand awareness @america. |