Fenomena menarik adalah meningkatnya minat generasi muda, khususnya melalui platform online. Survei menunjukkan bahwa 19,48% pemuda di Indonesia terlibat dalam wirausaha pada tahun 2022, meningkat 1,02% dari tahun sebelumnya. Dalam konteks pengembangan kewirausahaan, lingkungan keluarga memiliki peran penting. Lingkungan keluarga memengaruhi perkembangan individu dan dapat menjadi dukungan atau hambatan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Katolik Atma Jaya Angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data.. Penelitian ini melibatkan penggunaan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, uji korelasi, dan uji t untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0.310, mengindikasikan bahwa sekitar 31% variasi dalam minat berwirausaha dapat dijelaskan oleh variasi dalam lingkungan keluarga. |