Bauran promosi yang efektif, membuat perusahaan mampu meyakinkan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Harapannya, dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh dari bauran promosi terhadap keputusan pembelian, yang mengambil kasus tentang pembelian tiket masuk Jakarta Fair 2023. Penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada dua teori utama yaitu bauran promosi dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online di berbagai platform media chatting dan sosial, dengan jenis sampelnya adalah convenience sampling. Penelitian ini mendapatkan 100 responden, dengan hasil yang diperoleh yaitu adanya korelasi kuat yang positif, serta terdapat pengaruh signifikan antarkedua variabel (bauran promosi dan keputusan pembelian). Selain itu, hasil tersebut diperkuat dengan temuan berikut, pertama, selain bauran promosi, terdapat faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu, dorongan psikologis untuk mengikuti trend ataupun opini orang lain. Kedua, media sosial semakin memiliki peranan penting dalam bauran promosi khususnya dalam pemasaran langsung dan digital. Serta, penilaian alternatif yaitu suatu tahap penarikan kesimpulan penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan produk dari berbagai informasi yang telah dikumpulkan. Dalam hal ini, diskon sebagai bentuk penilaian alternatif turut memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Jika kedua hal tersebut (media sosial dan penilaian alternatif) dapat dimanfaatkan dengan baik, maka dapat meningkatkan potensi konsumen melakukan keputusan pembelian. Ketiga, diperlukannya program-program kreatif, menarik, dan berkelanjutan yang dibuat oleh penyelenggara acara kemudian disebarkan melalui media sosial untuk meningkatkan keputusan pembelian. |