Anda belum login :: 07 Jun 2025 10:55 WIB
Detail
BukuANALISIS EMPLOYEE RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (kajian pada Jaya Ancol Bowling Center, Jakarta Utara)
Bibliografi
Author: Nicholas, Jonathan ; Mahardika, Satria Kusuma Fajar (Advisor)
Topik: Komunikasi Korporasi; Public Relations; Employee Relations; Kinerja Karyawan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Employee relations merupakan salah satu bagian dari public relations yang membahas tentang keadaan komunikasi internal yang terjadi di dalam perusahaan. Kinerja karyawan merupakan salah satu cara perusahaan menilai bagaimana seorang karyawan dapat melakukan pekerjaannya secara berkualitas dan efektif di dalam perusahaan. Jaya Ancol Bowling Center merupakan arena olahraga bowling pertama di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1971 di area Jakarta Utara. Selama 52 tahun beroperasi, Jaya Ancol Bowling Center termasuk salah satu perusahaan yang bertahan lama di bidangnya. Dari penelitian ini, terdapat juga suatu masalah dimana terdapat perbedaan umur yang jauh di antara para pekerja, sehingga mempengaruhi relasi yang ada di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana employee relations yang berada di Jaya Ancol Bowling Center dan melihat apakah relasi dapat berdampak pada kinerja para karyawan di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai bentuk perolehan data. Peneliti melakukan wawancara dengan 10 narasumber karyawan dari divisi yang berbeda-beda; empat instruktur, dua kasir, dua mekanik, satu sekuriti, dan satu manajer event dan kegiatan. Metode triangulasi digunakan untuk mendukung keabsahan data. Hasil penelitian sesuai dengan teori Aylott (2014) tentang employee relations dan membuktikan bahwa setiap karyawan yang bekerja di Jaya Ancol Bowling Center memiliki relasi yang cukup baik, walaupun masih terjadi konflik di dalamnya. Hal ini terbuktikan dengan relasi yang baik sesuai dengan 3 konsep employee relations Aylott (2014), yaitu involvement & participation dimana para karyawan dapat membantu sesama dan peka terhadap teman yang kesusahan, employee voice dimana para karyawan dapat berkomunikasi dengan baik dengan sesamanya, dan conflict dimana para karyawan dapat menyelesaikan konflik dengan baik, walaupun masih seringkali terjadi konflik di dalamnya. Peneliti juga menemukan bahwa para karyawan Jaya Ancol Bowling Center memiliki kinerja yang baik berkat adanya relasi di antara para karyawannya, sesuai dengan 4 konsep dari teori kinerja karyawan Silaen et al. (2021), yaitu kuantitas kerja dimana para karyawan dapat menyelesaikan lebih banyak tugas ketika dilakukan bersama walaupun kuantitas pekerjaan telah ditetapkan dari awal oleh perusahaan, kualitas kerja dimana para karyawan mengaku dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan mendapatkan kemampuan baru berkat adanya relasi, efektifitas dimana produktivitas karyawan meningkat berkat bantuan dari relasi, dan komitmen dimana para karyawan bertekad untuk bekerja lebih baik lagi dan ingin mengembangkan diri lebih jauh lagi berkat dukungan dari relasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)