Anda belum login :: 01 May 2025 09:28 WIB
Detail
BukuPerbandingan Tingkat Celebrity Worship antara Perempuan Dewasa Awal Penggemar Boygroup Seventeen (Carat) dan Penggemar BTS (Army)
Bibliografi
Author: STEPHANIE, JOSEPHINE NATHANIA ; Nugroho, Wahyu Cahyo (Advisor)
Topik: Celebrity worship; agresi; kpop; perempuan; dewasa awal
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Adanya kemajuan teknologi di era globalisasi memberikan dampak besar di dalam kehidupan manusia. Salah satu dampak dari era teknologi yang terus berkembang adalah dapat memudahkan seseorang untuk menyukai selebriti baik mulai dari dalam negeri sampai dengan luar negeri. Perilaku menyukai selebriti pada individu membuat terbentuknya penggemar.Terkadang penggemar mengekspresikan perasaan sukanya terlalu berlebihan sehingga mulai timbul perilaku ekstrim seperti posesif, delusi dan obsesi. Hal tersebut terjadi karena adanya pemujaan secara berlebihan dari individu kepada idola mereka atau disebut dengan celebrity worship. Pada celebrity worship dibagi menjadi menjadi tiga tingkatan yaitu entertainment-social, intense-personal dan borderline pathological. Tidak semua fans K-Pop memiliki kecenderungan agresif ada juga yang relatif “damai” yaitu penggemar Seventeen (Carat). Sementara itu, hal yang bertolak belakang bisa dijumpai pada penggemar BTS yang sering memicu fanwar memiliki kecenderungan agresif. Berdasarkan pemaparan diatas peneliti ingin melihat perbandingan celebrity worship antara penggemar boygroup Seventeen (Carat) dan BTS (Army) perempuan dewasa awal karena kedua boygroup tersebut memiliki karakteristik yang bertolak belakang.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan sampel sebanyak 135 partisipan pada Army dan 135 pada Carat yang berjenis kelamin perempuan, berusia 18-25 tahun dan pernah membeli merchandise kurang lebih 4 kali selama sebulan. Metode pengumpulan sampel menggunakan metode non-probability sampling yaitu convenience sampling. Data penelitian ini didapatkan melalui alat ukur Celebrity Attitude Scale (CAS). Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U Test.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perbedaan celebrity worship antara penggemar boygroup Seventeen (Carat) dan BTS (Army) perempuan dewasa awal (p < 0.001, U = 13047.500, effect size = 0.432). Menurut hasil uji kategorisasi terlihat bahwa baik Army maupun Carat berada di tingkatan yang sama yaitu borderline pathological. Meskipun pada tingkatan borderline pathological masih didominasi oleh Army. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan metode mix method untuk mencari tahu lebih dalam alasan Carat berada di tingkatan borderline pathological dan dapat dilakukan penelitian pada fandom lain atau kelompok lain yang memiliki keunikan pada karakteristik nya seperti fans anime.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)