Anda belum login :: 03 Jun 2025 18:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Struktural Kampas Rem pada Beban Statis Menggunakan Material Al Alloy, Cast Iron, Mg Alloy untuk Komponen Utama, dan Varian Carbon untuk Lapisan Rem
Bibliografi
Author:
Prasetyo, Dony Eko
;
Sutanto, Hadi
(Advisor);
Soewono, Arka Dwinanda
(Advisor)
Topik:
Kampas Rem
;
Analisa Desain
;
Finite Element Analysis
;
Solidworks
;
ABAQUS
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Teknik Mesin Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Dony Eko Prasetyo_Master Theses_2024.pdf.pdf
(4.5MB;
5 download
)
202100080004_Dony Eko Prasetyo_Lembar Administrasi.pdf
(875.45KB;
3 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis struktural pada kampas rem sepeda motor di bawah beban statis, dengan fokus pada material Al Alloy, Cast Iron, Mg Alloy untuk komponen utama, dan varian Carbon untuk lapisan rem. Hal tersebut didasari pada masalah yang dihadapi oleh pengguna sepeda motor adalah ketahanan material kampas rem terhadap aus. Ketika kampas rem mengalami aus, hal ini dapat mengurangi efektivitas pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Metode analisis dirancang untuk memberikan wawasan mendalam terhadap respons struktural kampas rem pada tekanan statis, dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang ketahanan dan kinerja material. Eksperimen dilakukan dengan memvariasikan material untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap distribusi tegangan dan deformasi pada kampas rem. Hasil analisis diharapkan juga memberikan aspek ekonomi terkait biaya produksi dari kampas rem sepedamotor dan mengintegrasikan aspek struktural dan material secara simultan. Proses analisis melibatkan pengumpulan data berbasis literatur, yang diperluas untuk mendukung penelitian. Pengambilan sampel data dari kampas rem menggunakan Coordinate Measuring Machine (CMM) memberikan pengukuran dan koordinat penting selama proses desain. Pemodelan dilakukan dengan Solidworks, diikuti oleh analisis Finite Element Analysis (FEA) menggunakan ABAQUS. Dengan demikian material yang dapat dengan baik berdasarkan analisa struktural elemen hingga terhadap beban statis kampas rem adalah material AL Alloy dengan hasil deformasi maksimum yang lebih tinggi untuk brake shoe dan material Carbon Ceramics memiliki deformasi maksimum paling tinggi untuk brake linning.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)