Anda belum login :: 11 Jun 2025 10:06 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA JENIS LIRIK, PARASOCIAL RELATIONSHIP, DAN ROMANTIC BELIEF PADA PENGGEMAR KPOP BERUSIA DEWASA MUDA
Bibliografi
Author: Kinanti, Hayyu Sekar ; Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Parasocial Relationship; Romantic Belief; KPop; Dewasa Muda
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perkembangan teknologi yang saat ini membuat individu dapat dengan mudah dapat terpapar media dari belahan dunia lain, salah satunya adalah musik.. Indonesia sendiri pernah disebut menjadi negara dengan penggemar Korean Pop (K-Pop) terbanyak. Teknik penyebaran K-Pop dilakukan dengan dua cara, pertama adalah melalui lagu. Melalui liriknya, sebuah lagu dapat menciptakan pandangan seseorang mengenai suatu hal. Salah satunya adalah mengenai keyakinan bagaimana seharusnya hubungan romantis seharusnya berjalan. Kedua adalah melalui fan service yang dapat menimbulkan rasa dekat antara artis dan penggemar dan jika rasa dekat tersebut berlebihan dapat timbul sebuah hubungan yang disebut parasocial relationship. Maka dari itu penelitian ini bertujuan meneliti hubungan antara lirik lagu, parasocial relationship, dan romantic belief pada penggemar K-Pop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimental. Lirik lagu akan dikategorikan menjadi dua yaitu, lirik lagu romantis dan tidak romantis berdasarkan makna dari lagu tersebut. Parasocial relationship, yaitu hubungan kedekatan secara psikologis yang dibentuk oleh individu secara sepihak dalam interaksinya dengan figur yang disaksikannya melalui media, akan diukur dengan Multiple Parasocial Relationships Scale (MPR-S). Romantic belief, yaitu kepercayaan individu pada serangkaian asumsi yang dapat berfungsi untuk mengatur dan mengevaluasi perilaku seseorang mengenai apa yang dianggap relevan dalam sebuah hubungan romantis, akan diukur dengan Romantic Beliefs Scale (RBS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara lirik lagu, parasocial relationship, dan romantic belief secara bersama-sama (F(1,115) = 0,787, p-value = 0,377). Di dalam persamaan, hanya parasocial relationship (F(1,115) = 55,601, sig. = <0,05) memiliki hubungan yang signifikan. Sedangkan lirik lagu tidak (F(1,115) = 0,124, p-value = 0,726). Maka, hanya tingkat parasocial relationship yang mempengaruhi tingkat romantic belief individu. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan peneliti selanjutnya meneliti variabel independen lainnya dan mempertimbangkan faktor paparan media lainnya khususnya untuk meneliti parasocial relationship.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)