Anda belum login :: 24 Jul 2025 09:40 WIB
Detail
BukuStrategi Mikro Kepala Sekolah Membudayakan Budaya Malu sebagai Nilai Karakter Unggul Sekolah Dasar Di Kabupaten Sintang (Artikel dari VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 12 No. 1 April 2021 hal. 14-27)
Bibliografi
Author: Dike, Daniel ; Parida, Lusila ; Stevanus, Ivan
Topik: budaya malu; kinerja moral; karakter moral
Bahasa: (ID )    
Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Kesadaran moral anak sangat penting dikembangkan dan dibudayakan sejak pendidikan sekolah dasar melalui strategi membudayakan budaya malu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan praktik budaya malu di sekolah dasar SDN 23 Menyumbung kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (one case study research).Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Alat pengumpulan data adalah panduan wawancara, lembar observasi dan dukumen. Analisis data menggunakan pola induktif model Creswel. Subyek penelitian adalah guru dan siswa di SDN 23 Menyumbung sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan responden secara purposive karena mempertimbangkan situasi pandemi covid 19. Hasil penelitian menunjukan bahwa pade level siswa dan guru dikembangkan 10 budaya malu yang ditanamkan dalam pembelajaran maupun melaui pembiasaan. Praktik budaya malu telah menumbuhkan dua aspek penting dalam diri siswa dan guru yakni karakter kinerja dan kinerja moral. Agar karakter kinerja dan karakter moral tumbuh dengan baik di sekolah maka diperlukan strategi micro kepala sekolah yang terarah pada penguatan identitas personal dan sosial siswa secara moral.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)