Anda belum login :: 04 Jun 2025 22:23 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbandingan Metode Student-centered Learning dengan Teacher-centered Learning Terhadap Hasil Evaluasi Formatif dan Non-Formatif Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author:
Gunawan, Anthony Ivan
;
Surja, Sem Samuel
(Advisor)
Topik:
Teacher-centered learning
;
student-centered learning
;
flipped classroom
;
question-based discussion
;
peer-assisted learning
;
evaluasi formatif
;
evaluasi non-formatif
;
mahasiswa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Anthony Ivan Gunawan_RegKTI_2023.pdf
(4.82MB;
6 download
)
Anthony Ivan Gunawan_LembarAdministrasi.pdf
(431.0KB;
5 download
)
Abstract
Latar Belakang : Teacher-centered learning (TCL) dinilai kurang memenuhi aspirasi mahasiswa dikarenakan mahasiswa menjadi pihak yang pasif. Student-centered learning (SCL) dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa menjadi aktif dan mandiri. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FKIK UAJ) telah menggunakan beberapa metode SCL dalam kurikulum pendidikannya, namun belum semua pendidik menggunakan metode SCL dan masih mengutamakan metode TCL. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. 164 Responden mahasiswa/mahasiswi FKIK UAJ angkatan 2021 mengisi kuesioner evaluasi formatif dan non-formatif dan hasilnya dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis. Hasil : Tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil evaluasi formatif mahasiswa angkatan 2021 FKIK UAJ pada berbagai metode pembelajaran yang diberikan (p = 0.334). Hasil evaluasi non-formatif menunjukkan TCL nilai tertinggi (mean = 40.77) disusul peer-assisted learning (PAL) (mean = 37.82). Kesimpulan : Baik metode SCL dan TCL tidak ada yang memberikan hasil evaluasi formatif yang lebih tinggi. TCL memberikan kepuasan paling baik, namun di bawahnya terdapat PAL yang menawarkan metode SCL dengan tingkat kepuasan tertinggi kedua dan bermacam nilai baik yang dapat dipetik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)