Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:11 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN STRATEGI USAHA BISNIS DENGAN MENGUNAKAN PENDEKATAN SWOT DAN QSPM (Studi Kasus: Skala Coffee and Eatery)
Bibliografi
Author: Prawira, Anak Agung Bagus Bramanda ; Widawati, Enny (Advisor)
Topik: Kata Kunci: SWOT; QSPM; Perancangan strategi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pengembangan strategi usaha bisnis menjadi faktor penting bagi keberhasilan dan pertumbuhan sebuah perusahaan. Dalam konteks ini, pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) menjadi alat yang efektif untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja perusahaan serta mengembangkan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi usaha bisnis untuk Skala Coffe and Eatery, sebuah usaha kafe dan restoran dengan skala menengah. Metode Metode SWOT digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, untuk mengevaluasi peluang dan ancaman perusahaan yang dihadapi oleh Skala Coffe and Eatery. Data diperoleh melalui wawancara dengan manajemen perusahaan, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Skala Coffe and Eatery memiliki kekuatan seperti citra merek yang kuat, kualitas produk yang baik, dan lokasi strategis. Namun, beberapa kelemahan seperti kurangnya diversifikasi menu dan keterbatasan sumber daya manusia menjadi tantangan yang harus diatasi. Di sisi peluang, adanya peningkatan minat konsumen terhadap gaya hidup sehat dan kafe menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan. Namun, ancaman dari persaingan yang ketat dan fluktuasi harga bahan baku menjadi tantangan yang perlu diantisipasi. Selanjutnya, menggunakan pendekatan QSPM, strategi-strategi yang diusulkan untuk Skala Coffe and Eatery dianalisis secara kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pengembangan menu yang lebih beragam, peningkatan kualitas pelayanan, dan ekspansi ke pasar online merupakan strategi yang dapat memberikan dampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan. Dalam kesimpulan, penelitian ini memberikan rekomendasi strategi usaha bisnis yang dapat membantu Skala Coffe and Eatery dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri kafe dan restoran. Pendekatan SWOT membantu dalam mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang relevan, sedangkan pendekatan QSPM memberikan analisis kuantitatif untuk memprioritaskan strategi-strategi yang diusulkan. Implementasi strategi-strategi ini diharapkan dapat membantu Skala Coffe and Eatery untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya di pasar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)