Kelas Edukasi sebagai program mendukung wisata Kebun Raya dalam salah satu pilarnya yaitu Edukasi dan konservasi, PT Mitra Natura Raya sebagai pihak pengelola sejak tahun 2020 mengadakan program tersebut, penelitian ingin mengetahui lebih dalam bagaimana strategi inovasi peran Humas yang sudah dilakukan dan dapat diterima peserta Kelas Edukasi yang. Penelitian menggunakan metode kualitatif melihat dari sisi kedua belah pihak yaitu dari sisi pengunjung Kelas Edukasi Kebun Raya dan pengelolaannya pada bagian Hubungan Masyarakat. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa humas sebagai penasehat ahli, fasilitastor pemecah masalah, teknisi komunikasi sudah termasuk kuat tetapi untuk fasilitator komunikasi masih dikatakan lemah. Untuk penelitian selanjutnya lebih mempersiapkan waktu untuk mengikuti lebih banyak kelas edukasi sehingga data yang diperoleh semakin banyak dan bisa mendapat pandangan yang berbeda dari berbagai generasi. Humas PT Mitra Natura Raya, bisa menerapkan lebih jauh mengenai fasilitator komunikasi agar bisa sesuai atau setara dengan dimensi lainnya. |