Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) merupakan suatu aplikasi atau software yang digunakan untuk mengelola pembelajaran online yang meliputi beberapa aspek yaitu materi, penempatan, pengelolaan, dan penilaian. Skripsi ini membahas tentang “Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran di SD Strada Bhakti Wiyata II”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran di SD Strada Bhakti. Penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Strada Bhakti Wiyata II yang bertempat di Kranji, Bekasi Barat. Fokus penelitian ini penggunaan sistem manajemen pembelajaran di SD Strada Bhakti Wiyata II. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 6 guru dari tiap pararel. Untuk menjaga tingkat objek peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa instrumen pendukung berupa pedoman wawancara dan pengamatan tentang penggunaan sistem manajemen pembelajaran di SD Strada Bhakti Wiyata II. Untuk menyajikan data agar lebih mudah dipahami maka langkah analisis data yang digunakan penelitian ini adalah Miles & Huberman. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Adapun hasil penelitian bahwa SD Strada Bhakti Wiyata II masih menggunakan e-learning sokrates di saat masa pandemi sudah berakhir, semua guru memiliki akses yang sama dalam penggunaan sistem manajemen pembelajaran, ada beberapa guru yang sudah baik menunjukkan penggunaan sistem manajemen pembelajaran akan tetapi adapun guru-guru yang masih perlu adanya peningkatan lebih lanjut terkait kurangnya dalam memahami fitur-fitur sistem, keterbatasan menggunakan teknologi, dan kurangnya pelatihan. |