Anda belum login :: 05 Jun 2025 01:36 WIB
Detail
BukuPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BENDUNGAN
Bibliografi
Author: M Ansori (201903550019) ; Simanullang, Bitman (Advisor)
Topik: Pembelajaran IPA; Problem Based Learning; Berpikir Kritis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Ketertinggalan pembelajaran dan hasil belajar akibat covid-19 yang berpotensi menyebabkan learning loss dan hasil belajar menurun di beberapa sekolah termasuk sekolah SDN Bendungan. Atas dasar itu, peneliti melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA tema berbagai pekerjaan materi sampah di lingkungan sekitar. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian terhadap subjek 22 peserta didik untuk menjawab permasalahan; Bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN bendungan?. Apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Bendungan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Bendungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dekskriptif dengan jenis kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik dalam menganalisis data adalah uji paired sample t-test. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses penerapan model PBL terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil pretes menunjukkan rata-rata nilai peserta didik 65,9. Hasil postes menunjukkan rata-rata nilai peserta didik 80,8, dan hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Lerning dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Bendungan. Saran bagi pendidik di sekolah agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik, baik pada pembelajaran IPA maupun pembelajaran lainnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)