Pengembangan ini dilatarbelakangi masalah yang dialami siswa sekolah dasar yang sedang kesusahan dalam memahami pelajaran matematika khususnya materi bangun ruang. Para siswa kurang memahami beberapa bentuk bangun ruang dalam 3 dimensi dan juga beberapa rumus serta pengertian dari bangun ruang itu sendiri. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka peneliti mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis AR (augmented reality) dengan bentuk mobile. Aplikasi ini juga menyediakan penjelasan materi bangun ruang, latihan interaktif, dan penilaian untuk meningkatkan pemahaman siswa. Pengembangan dilakukan menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Implementasi aplikasi dilakukan di SD Cerdas Bangsa Bogor, yang melibatkan siswa kelas 5 sebagai subjek penelitian. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas aplikasi dalam meningkatkan pemahaman siswa, minat belajar, dan pengalaman belajar mereka. Berdasarkan hasil evaluasi, menunjukkan peningkatan hasil rata-rata benar pada post-test menjadi 11.1, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan pemahaman mengenai bangun ruang. |