Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pairs Share Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III di SDN Kapuk 04 Petang, tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini jumlah sampel 32 siswa, yang digunakan di kelas terdiri dari laki-laki 13 orang dan siswa perempuan 19 orang. Pengumpulan data menggunakan tes instrumen penelitian berupa pre tes dengan 5 soal bentuk esai dan pos tes pilihan ganda sebanyak 40 soal. Perhitungan uji normalitas dilakukan dengan uji Liliefors. Pada nilai Pre tes diperoleh L hitung = 0,20 dan L tabel = 0,15 sedangkan nilai Pos tes diperoleh L hitung = 0,74 dan L tabel = 0,15. Karena L hitung > L tabel maka H1 diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis penelitian digunakan uji-t, diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yakni 2,114 > 2,0422 dan dengan derajat kebebasan (dk) = 30. Dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Think Pairs Share terhadap hasil belajar IPA kelas III SDN Kapuk 04 Petang. Penelitian ini berguna bagi calon guru agar mendapatkan pengetahuan untuk menjadi guru yang baik di kemudian hari. |