Disiplin merupakan keadaan yang ditujukan dengan menghargai waktu, patuh terhadap aturan, tertib dan menaati berbagai kesepakatan atau aturan-aturan yang telah ditetapkan bersama untuk kepentingan bersama secara konsisten. Di SDS Fajar Indah ada beberapa siswa yang cenderung tidak disiplin sehingga datang ke sekolah terlambat, tidak mengerjakan tugas dengan tepat waktu, tidak mengumpulkan tugas, dll. Oleh karena ini, sangat penting bagi guru untuk menerapkan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter disiplin siswa kelas III di SDS Fajar Indah berdasarkan pada indikator disiplin. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini terdiri dari 12 siswa dan guru kelas III SDS Fajar Indah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara yang di analisis secara deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah guru kelas III – A dan III – B SDS Fajar Indah sudah menerapkan karakter disiplin yaitu (1) Guru menegakkan peraturan yang berlaku di sekolah, (2) Guru memberikan teladan bagi siswa dalam melakukan baik dan disiplin, (3) Guru memberikan nasihat pentingnya bersikap disiplin, (4) Guru memberikan teguran bagi siswa yang tidak disiplin, (5) Guru memberikan sanksi bagi siswa yang tidak disiplin, (6) Guru memberikan hukuman kepada siswa yang tidak disiplin, (7) Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang disiplin. Melalui penelitian ini disarankan bagi guru dapat terus mengajarkan dan mengingatkan siswa mengenai kedisiplinan yang harus dimiliki siswa dalam melaksanakan tugas sekolah, diharapkan guru bersikap tegas dan memberikan sanksi yang jelas bagi siswa yang melanggar peraturan yang ada. |