Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran bagaimana ketertarikan organisasi (organizational attractiveness) pada mahasiswa yang baru saja lulus (fresh graduate) terhadap iklan lowongan kerja graphic design di Perusahaan Kreative.co. Penelitian ini dilakukan karena sulitnya mendapatkan karyawan untuk mengisi posisi graphic design di Perusahaan Kreative.co. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya ketidakcocokan antara pelamar dengan User saat sesi interview dan kurangnya pelamar untuk posisi graphic design yang mungkin dapat disebabkan karena kurangnya informasi tentang Perusahaan kreative.co pada diri calon pelamar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimental between group design dan menggunakan skala organizational attraction. Skala organization attraction memiliki 15 item yang diciptakan oleh Highhouse, Lievens, & Sinar (2003). Penelitian ini memiliki responden sebanyak 60 orang yang memiliki karakteristik seorang fresh graduate dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Desain Grafis, dan fakultas atau jurusan lain yang sesuai juga ingin melamar kerja menjadi graphic design. Penelitian ini menggunakan tiga kontrol penelitian yaitu randomisasi, konstansi, dan eliminasi. Teknik convenience sampling juga digunakan dalam penelitian untuk mengumpul responden. Hasil penelitian diolah menggunakan metode uji-T yaitu dengan Independent Sample T-Test dengan Mann-Whitney U test untuk melihat perbedaan diantara ketiga domain skala organizational attraction. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan keseluruhan organizational attractiveness adalah iklan lowongan kerja yang memiliki rentang gaji lebih memiliki pengaruh terhadap organizational attractiveness para pelamar, namun hal tersebut belum tentu membuat pelamar akan menerima tawaran kerja dari Perusahaan Kreative.co karena pada umumnya banyak pelamar yang akan mempertimbangkan kembali gaji yang akan didapatkan. |