Omana Coffee and Roastry merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang FnB (Food and Beverage) dan kopi adalah jualan utama dari Omana Coffee and Roastry yang berlokasi di Jl. Elang Blok.HF 8 No.1, Bintaro Jaya, Kec Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229. Pada saat ini Omana Coffee and Roastry mengalami penurunan penjualan jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya, dimana diperlukan juga alternatif strategi-strategi baru untuk tetap bersaing dan meningkatkan penjualan Kembali. Adapun peneliutian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal, eksternal perusahaan yang berupa kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. Setelah mengetahui faktor berpengaruh pada perusahaan dapat dilakukan penyusunan alternatif strategi dengan menggunakan metode IFE, EFE, IE, SWOT ,dan QSPM, Tahapan pertama dalam pnentuan strategi ini ialah IFE dan EFE yang mendapatkan Weight skor 3,33 dan 2,989, yang nilai ini dilanjutkan ke tahap matrik IE dari hasil IFE dan EFE didapatkan posisi perusahaan berada pada kuadran IV, dan dilanjutkan pada matrik SWOT yang merupakan penyusunan strategi alternatif, QSPM didapatkannya pemilihan alternatif strategi yang telah dibuat pada perihitungan sebelumnya bahwa pemilihan strategi yang pertama ialah mengadakan event secara rutin, membuka booth di bazaar atau event, melakukan promosi di jam tertentu untuk meningkatkan pengunjung, dan melakukan workshop barista. |