Pada Agustus 2022 di Indonesia terjadi kasus gangguan ginjal yang dialami oleh anak-anak di berbagai daerah. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia adalah lembaga pemerintah yang bertugas untuk melakukan fungsi perlindungan kepada konsumen di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen krisis yang dilakukan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dalam menangani kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak pada tahun 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi korporasi, teori manajemen krisis, teori komunikasi krisis dan teori organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan metode trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi manajemen krisis yang dilakukan oleh BPKN RI adalah melalui langkah-langkah identifikasi krisis, analisis krisis, isolasi krisis, menetukan strategi dan menetapkan program pengendalian krisis. |