Marketing 5.0 dengan konsep humanizing tech mempunyai elemen utama kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memegang peranan vital memecahkan masalah kognitif manusia dalam mempelajari pola data. AI menjadi solusi dalam platform jual beli digital atau e-commerce di era digital. Zalora Indonesia, merupakan e-commerce fashion terbesar di Indonesia menawarkan inovasi berbasis AI untuk menciptakan pengalaman berbelanja menyenangkan, terarah, dalam kesesuaian preferensi produk dengan fitur live virtual assistant chatbot 'shop the look', image recognition, speech recognition, deep machine learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur berbasis artificial intelligence (AI) terhadap customer satisfaction dari platform e-commerce Zalora Indonesia. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, digital marketing, artificial intelligence, artificial intelligence marketing, e-commerce, dan customer satisfaction dengan metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Terdapat 2 variabel penelitian, yakni variabel independen (X) fitur berbasis artificial intelligence (AI) dengan tiga dimensi yaitu mechanical AI, thinking AI, feeling AI. Sementara variabel dependennya (Y) adalah customer satisfaction dengan tiga dimensi, yakni perceived quality, perceived value, customer expectations. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan membagikannya kepada 130 responden secara online, kriteria responden adalah pengguna aplikasi Zalora Indonesia dan pernah menggunakan fitur-fitur berbasis AI yang ada di aplikasi Zalora. Hasil dari penelitian ini adalah fitur berbasis artificial intelligence memiliki pengaruh yang signifikan serta terdapat hubungan yang sangat kuat terhadap customer satisfaction dari platform e-commerce Zalora. |