Anda belum login :: 23 Jul 2025 16:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN PARENTING SELF-EFFICACY IBU DENGAN PEMAHAMAN BACA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TIGA
Bibliografi
Author:
Hillary, Eunike Eltha
;
Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti
(Advisor)
Topik:
Parenting Self Efficacy
;
Kemampuan Pemahaman Baca
;
Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga. Pengasuhan Ibu.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000150, Eunike Eltha Hillary, Dr. Clara R.Pudji Yogyanti A., M.Sc., Psikolog, Hubungan Parenting Self-Efficacy Ibu dengan Pemahaman SIswa Sekolah Dasar Kelas Tiga,28Juli23.pdf
(3.62MB;
1 download
)
201907000150_Eunike-Eltha-Hillary_LembarAdministrasi.pdf
(930.63KB;
0 download
)
Abstract
Keterampilan pemahaman membaca adalah kunci untuk memperoleh pengetahuan baru yang perlu dikuasai oleh pembelajar agar mampu beradaptasi dan berhasil menghadapi tantangan masa depan. Namun demikian, bertahun-tahun Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat kemampuan baca yang rendah. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengasuhan ibu memegang peranan penting dalam beberapa faktor yang membentuk kemampuan pemahaman membaca anak, seperti sensitivitas ibu akan kebutuhan anak, keterlibatan ibu dalam konteks sekolah, pembentukan disiplin yang positif dan sebagainya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca anak tersebut dimuat dalam domain pembentuk Parenting Self Efficacy, yaitu discipline, achievement, recreation, nurturance, dan health. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Parenting Self Efficacy ibu dengan pemahaman membaca siswa Sekolah Dasar kelas tiga.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling, yaitu convenience sampling. Responden dari penelitian ini adalah 79 ibu dari para siswa Sekolah Dasar kelas tiga Sekolah Kristen Tunas Bangsa Sunter dan Sekolah Kristen Tunas Bangsa Cakung. Data penelitian didapatkan dari hasil pengisian alat ukur Self-Efficacy for Parenting Tasks Index Scale (SEPTI) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) sebagai instrumen penelitian yang dikorelasikan.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan Parenting Self Efficacy menunjukkan 46,84% ibu sudah memiliki tingkat Parenting Self Efficacy yang tinggi dan sebesar 50,63% siswa Sekolah Dasar kelas tiga Sekolah Kristen Tunas Bangsa memiliki pemahaman membaca yang tinggi. Hasil penelitian untuk pengujian hipotesis menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dan positif antara Parenting Self Efficacy dengan pemahaman membaca siswa. Hasil analisis tambahan menunjukkan bahwa domain nurturance memiliki korelasi terbesar dengan pemahaman membaca siswa Sekolah Dasar kelas tiga.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)