Perkembangan media sosial membuat perusahaan lebih kreatif dalam melakukan pemasaran sehingga memutuskan untuk beralih dari periklanan konvensional menjadi digital. Tokopedia merupakan perusahaan yang memanfaatkan digitalisasi dengan membuat iklan yang menarik bagi target pasarnya. Tokopedia memanfaatkan brand ambassador, yaitu menampilkan BTS yang berbicara menggunakan bahasa daerah sebagai iklan Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan Tokopedia BTS Bicara Bahasa Daerah melalui media sosial Twitter terhadap customer response index (CRI). Teori penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu komunikasi pemasaran, efektivitas iklan, EPIC Model dan customer response index (CRI). Terdapat dua variabel dalam penelitian, yaitu variabel X (efektivitas iklan) dan variabel Y (customer response index (CRI)). Variabel efektivitas iklan terbagi menjadi empat dimensi yang mencakup empathy, persuasion, impact dan communication. Sedangkan, variabel customer response index terbagi menjadi lima dimensi yang mencakup dimensi awareness, comprehend, interest, intentions, dan action. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan mengumpulkan 100 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner melalui Twitter dan diisi oleh responden yang memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa iklan Tokopedia BTS Bicara efektif terhadap customer response index dengan nilai sebesar 80,1%. Hubungan antara kedua variabel efektivitas iklan dan customer response index memiliki hubungan yang sangat kuat. |