Anda belum login :: 24 Jul 2025 06:21 WIB
Detail
BukuGAMBARAN PERSEPSI PENGGEMAR SEBAGAI HASIL EVALUASI TERHADAP PRODUK YANG DIPROMOSIKAN OLEH SELEBRITI IDOLA
Bibliografi
Author: Paramisa, Elfrida Rosa ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: promosi; selebriti idola; pairing; produk; penggemar.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Celebrity endorsement marak menjadi pilihan berbagai brand untuk mempromosikan produk. Banyak hasil studi menunjukkan efektivitas dari bentuk promosi ini bagi penjualan produk. Namun, ditemukan gejala di masyarakat bahwa antusiasme penggemar hanya pada promo yang terkait dengan selebriti idola dan bukan terhadap produk yang dipromosikan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi proses yang terjadi mulai dari dimulainya masa kolaborasi brand dengan selebriti hingga setelah kolaborasi bersama selebriti idola berakhir, dengan menggambarkan persepsi penggemar sebagai hasil evaluasi terhadap produk yang dipromosikan oleh selebriti idola tersebut. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui proses wawancara semi terstruktur yang dilakukan secara daring dan luring. Teknik pemilihan partisipan menggunakan purposive sampling, yakni homogenous sampling, melibatkan empat partisipan yang merupakan seorang penggemar dari seorang ataupun sekelompok selebriti idola yang pernah mempromosikan sebuah produk, yang awalnya mencoba menggunakan produk tersebut namun kemudian memutuskan untuk tidak lagi menggunakan produk tersebut setelah periode kolaborasi dengan selebriti idola berakhir. Panduan wawancara pada penelitian ini disusun berdasarkan kerangka teori classical conditioning dan marketing funnel. Analisis terhadap hasil dari pengambilan data (wawancara) dilakukan dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selebriti idola berperan dalam memberikan awareness kepada penggemar untuk mencaritahu mengenai brand atau produk yang dipromosikan. Penggemar juga tumbuh minat dan akhirnya membeli produk tersebut. Selanjutnya, pengalaman penggemar selama menggunakan produk menjadi suatu hal yang terpisah dari peran selebriti idola hingga pada akhirnya penggemar memiliki berbagai pertimbangan terhadap produk itu sendiri yang membuat mereka memutuskan untuk berhenti menggunakan produk setelah masa kolaborasi produk dengan selebriti idola berakhir. Pada akhirnya, hasil penelitian ini memberikan sumbangan bagi teknik pemasaran, bahwa penggunaan celebrity endorsement berperan dalam meningkatkan awareness konsumen untuk berminat mencoba menggunakan produk dan merek tertentu. Akan tetapi hal tersebut tidak efektif untuk menjamin adanya loyalitas konsumen untuk terus mengkonsumsi produk terkait jika kualitas produk tidak dirasa memuaskan bagi konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)