Anda belum login :: 06 Sep 2025 02:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Efikasi Diri Pada Siswa Kelas 12 SMA di JABODETABEK untuk Memasuki Pendidikan Tinggi
Bibliografi
Author:
Felicia, Lidya Audrey
;
Aisyah, Aireen Rhammy Kinara
(Advisor)
Topik:
Efikasi diri
;
Siswa kelas 12 SMA
;
Memasuki pendidikan tinggi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000047,LIDYAAUDREYFELICIA,DR.MARGARETHAPURWANTI,M.SI.,PSIKOLOG&DR.AIREENRHAMMYKINARAAISYAH,M.PSI.,PSIKOLOG,GAMBARANEFIKASIDIRIPADASISWAKELAS12SMADIJABODETABEK,28JULI2023.pdf
(1.64MB;
3 download
)
201907000047_LidyaAudreyFelicia_LembarAdministrasi.pdf
(552.9KB;
0 download
)
Abstract
Siswa kelas 12 adalah siswa yang berada pada tingkat terakhir dalam jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA), dan bersiap-siap untuk memasuki pendidikan tinggi. Kesiapan untuk memasuki pendidikan tinggi menjadi penting karena pendidikan tinggi adalah salah satu penentu karir di masa depan. Meski demikian, tidak jarang muncul keraguan dan ketidakyakinan akan kemampuan diri untuk memasuki pendidikan tinggi ini, meski sudah mantap dalam memilih jurusan tertentu. Keraguan semakin tinggi bila pada waktu tertentu siswa belum mendapatkan pendidikan tinggi yang diinginkan sementara sebagian besar teman lain sudah mendapatkannya. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti ingin melihat gambaran efikasi diri siswa kelas 12 SMA untuk memasuki pendidikan tinggi, khususnya pada mereka yang belum mendapatkan pendidikan tinggi yang diinginkan. Keyakinan maupun keraguan dalam memasuki pendidikan tinggi berkaitan erat dengan efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 145 responden dengan rentang usia 16-18 tahun dan merupakan siswa kelas 12 SMA yang belum diterima oleh pendidikan tinggi. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 137 atau 94,48% dari 145 partisipan penelitian ini memiliki efikasi diri yang cenderung tinggi. Saran yang dapat diajukan peneliti kepada pihak-pihak yang terlibat langsung dalam bidang pendidikan siswa kelas 12 SMA agar terus melakukan pendampingan dan bimbingan berupa layanan konseling, penyelenggaraan psikotes minat dan bakat, serta pemberian informasi mengenai perkuliahan. Dengan tindakan-tindakan tersebut, siswa dengan efikasi diri yang cenderung tinggi dapat dibantu untuk mempertahankan efikasi dirinya, dan siswa dengan efikasi diri yang cenderung rendah dapat dibantu untuk meningkatkan efikasi dirinya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.21875 second(s)