Anda belum login :: 07 Jun 2025 11:01 WIB
Detail
BukuGambaran Proses Perkembangan Karier Berdasarkan Social Cognitive Career Theory (SCCT) pada Perempuan Hindu-Bali yang Menjalani Tiga Peran (Triple Roles)
Bibliografi
Author: Nariswari, Gusti Ayu Ratna ; Dwi, Maria Magdalena Tri Warmiyati (Advisor)
Topik: Social cognitive career theory; Triple roles; Perempuan; Hindu-Bali
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perempuan dalam kelompok masyarakat Hindu-Bali umumnya menjalani tiga peran (triple roles) dalam kehidupan sehari-hari. Triple roles yang dijalani oleh perempuan Hindu-Bali meliputi peran reproduktif (domestik), peran produktif, dan peran sosial (adat). Perempuan Hindu-Bali masih diharapkan serta secara sadar maupun tidak sadar memposisikan diri untuk mementingkan peran domestik dan sosial dibandingkan perkembangan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses perkembangan karier berdasarkan Social Cognitive Career Theory (SCCT) pada perempuan Hindu-Bali yang menjalani triple roles. SCCT adalah teori yang menjelaskan proses perkembangan karier dan perilaku karier adaptif sepanjang masa hidup. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini adalah SCCT yang dikembangkan oleh Lent, Brown, dan Hackett. Penelitian ini menggunakan model career self-management dari SCCT, yaitu model yang menggambarkan proses perkembangan karier secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semi terstruktur. Teknik pemilihan partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah homogenous sampling. Penelitian ini menggunakan panduan wawancara dengan tipe funnel sequence yang disusun berdasarkan teori SCCT model career self-management. Partisipan pada penelitian ini adalah tiga orang perempuan Hindu-Bali yang menjalani tiga peran (triple roles). Dilakukan pula triangulasi kepada orang terdekat partisipan sebagai bentuk konfirmasi hasil wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran proses perkembangan karier yang dipengaruhi oleh cognitive-person factors individu, contextual factors yang meliputi triple roles dan kondisi lainnya, serta perilaku karier individu untuk mengejar maupun memoderasi perkembangan kariernya. Pengalaman belajar melalui sosialisasi triple roles sejak masa kanak-kanak, pencapaian sebelumnya, serta lingkungan berperan dalam membangun self-efficacy expectations dan outcome expectations partisipan (mengenai triple roles dan karier) yang saling memengaruhi dan dapat terus berkembang sepanjang proses perkembangan karier. Ketiga partisipan memiliki goals untuk mengembangkan karier yang sedang dijalani saat ini serta menjadi wirausahawan. Contextual affordances berupa situasi triple roles yang dijalani dan dukungan dari lingkungan sekitar berperan besar dalam proses perkembangan karier partisipan. Silakan menghubungi peneliti melalui email (ayuratna.nr@gmail.com) untuk diskusi dan informasi lebih lengkap mengenai penelitian ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)