Anda belum login :: 11 Jun 2025 01:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah di Tangerang mengenai Asma Sebelum dan Setelah Penyuluhan
Bibliografi
Author:
Budijono, Kevin
;
Dewi, Rita
(Advisor);
Kristian, Kevin
(Advisor)
Topik:
Asma
;
guru
;
pengetahuan
;
pretest-posttest
;
Penyuluhan
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Kevin Budijono_RegKTI_2023.pdf
(1,021.34KB;
10 download
)
Kevin Budijono_LembarAdministrasi.pdf
(429.87KB;
3 download
)
Abstract
Latar Belakang: Asma adalah penyakit paru kronik yang ditandai dengan sesak dan mengi. Asma juga adalah penyakit kronik yang paling sering ditemukan pada anak-anak dan remaja. Usia ini adalah usia dimana anak-anak menghabiskan banyak waktu di sekolah untuk belajar di bawah pengawasan guru sebagai penanggung jawab anak. Asma dapat mengganggu proses belajar-mengajar, karena itu sebaiknya guru memiliki pengetahuan yang cukup tentang asma agar mereka bisa menangani anak penderita asma dengan efektif.
Metode: Penelitian dilakukan dengan desain Pretest-Posttest control group dengan responden sebanyak 50 guru di dalam grup kontrol dan 50 guru di dalam grup eksperimen diambil dari daerah Tangerang pada bulan Mei 2023 – Juni 2023. Responden mengisi kuesioner Patient Asthma Knowledge Questionnaire (PAKQ) sebanyak dua kali, pertama untuk pretest dan kedua untuk posttest dengan intervensi penyuluhan video presentasi sebelum pengisian posttest untuk grup eksperimen.
Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan sebagian besar guru terhadap asma ditemukan kurang baik pada saat pretest dan ditemukan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah diberi penyuluhan (P = 0.05). Terdapat juga perbedaan yang signifikan antara grup yang diberi penyuluhan dan grup yang tidak diberi penyuluhan (P = 0.05).
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan guru terhadap asma secara umum kurang baik. Terdapat adanya peningkatan pengetahuan guru terhadap asma setelah diberi penyuluhan dan terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok guru yang diberi penyuluhan dan kelompok guru yang tidak diberi penyuluhan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)