Anda belum login :: 05 Jun 2025 04:23 WIB
Detail
ArtikelUpaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak TK Dodongan Kabupaten Gunung Kidul dengan Media Audio Pembelajaran  
Oleh: Innayah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 16 no. 1 (Mar. 2012), page 9-19.
Topik: Kemampuan menulis; media audio pembelajaran; PAUD
Fulltext: JJ1280916012012.pdf (642.78KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor apa yang menyebabkan siswa kurang trampil dalam menulis dan (2) mengetahui kegiatan mendengarkan media audio pembelajaran PAUD dapat meningkatkan kemampuan menulis anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa Taman Kanak-Kanak PKK 37 Dodogan Gunung Kidul DIY pada bulan Juni sampai dengan Oktober 2011. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan diskusi, kajian dokumen dan tes sederhana. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisa data dengan teknik analitis kritis dan interaktif. Prinsip tindakannya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan evaluasi dan pelaksanaannya didasarkan pada siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa Hasil analisa dan interprestasi data yang telah dilaksanakan dalam Siklus I, bahwa ada salah satu bidang pengembangan yang hasilnya kurang bagus. Dari jumlah siswa 32 anak hanya 10 siswa yang mempunyai nilai bagus, 16 siswa mendapat nilai cukup dan 6 siswa dengan hasil kurang memuaskan. Sedangkan pada siklus II menunjukkan hasil Hasil interprestasi data yang dihasilkan dalam silkus II, sudah ada peningkatan dilihat dari hasil belajar. Dari jumlah siswa 32 anak, ada 20 anak yang hasilnya bagus, 7 anak dinilai cukup dan 5 anak dengan hasil masih kurang memuaskan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)