Anda belum login :: 21 Jul 2025 02:55 WIB
Detail
BukuPeran Green Trust, Environmental Concern, Personal Norms, Perceived Value, dan Willingness to Pay Premium pada Intensi Pembelian Green Product
Bibliografi
Author: Apsari, Bella Rasendriya ; Rocky (Advisor)
Topik: green trust; environmental concern; personal norms; willingness to pay premium; perceived value; purchase intention
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang sampai dengan saat ini masih mencemaskan dan belum dapat terselesaikan. Hal ini karena kehidupan manusia yang tidak dapat terlepas dari penggunaan plastik. Selain itu, berdasarkan penelitian sebelumnya mengenai perubahan perilaku konsumen ketika masa pandemi COVID-19 juga dikatakan bahwa intensitas penggunaan plastik kian meningkat. Hal ini karena dengan adanya peningkatan belanja online maka jumlah sampah plastik di rumah tangga juga kian meningkat karena penggunaan plastik seperti kemasan, pembungkus kemasan, bubble wrap, ataupun kantong plastik untuk membungkus produk juga turut meningkat. Oleh karena itu perilaku konsumsi masyarakat khususnya di Indonesia setelah pandemi COVID-19 ini perlu diteliti untuk melihat perubahan perilaku konsumsi masyarakat terutama pada intensi pembelian produk ramah lingkungan (green product) dan bagaimana faktor green trust memprediksi intensi pembelian green product. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Indonesia yang aktif atau pernah melakukan pembelian produk ramah lingkungan (green product). Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 232 responden yang diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Proses pengambilan data dilakukan secara daring dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk Google Forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat dari lima variabel independen yaitu Green Trust (GT), Environmental Concern (EC), Personal Norm (PN), Willingness to Pay Premium (WPP) secara signifikan memprediksi variabel Purchase Intention (PI). Hal ini membuktikan bahwa semakin kuat keyakinan seseorang terhadap green product, semakin tinggi rasa kekhawatiran seseorang terhadap lingkungan, semakin tinggi rasa kewajiban moral seseorang dalam menjaga lingkungan, ataupun semakin tinggi kepercayaan seseorang terhadap kualitas suatu barang maka akan semakin tinggi intensi pembelian green product yang dimiliki.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)