Anda belum login :: 19 Apr 2025 08:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Sampah dan Pemanasan Global
Oleh:
Anindyta, Pricilla
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 10 no. 1 (May 2012)
,
page 31-42.
Topik:
Problem Based Learning
;
Keterampilan Memecahkan Masalah
Fulltext:
Priscilla Anindyta - Psikoedukasi v10n1.pdf
(757.48KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.4
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah melalui penerapan problem based learning pada mata kuliah praktek kerja lapangan MIPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitiannya adalah mahaiswa PGSD berjumlah 31 orang yang terdiri dari angkatan 2007 dan 2008 dan dosen pengampu mata kuliah praktek lapangan MIPA. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa keterampilan mahsiswa dalam memecahkan masalah memiliki nilai rerata 63 sedangkan nilai rerata pada siklus II yang diperoleh sebesar 77.96. Ada peningkatan dalam hal keterampilan mahasiswa memecahkan masalah yaitu sebesar 14.96. Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung, nampak bahwa mahasiswa belum terbiasa untuk memecahkan masalah secara ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Dosen diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran ini dengan benar dan tepat sehingga membiasakan mahasiswa berpikir kritis dan menganalisis masalah lebih cermat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)