Anda belum login :: 03 Sep 2025 05:38 WIB
Detail
BukuPengaruh Nudge Framing Perilaku Lingkungan Sebagai Manifestasi Nilai Budaya Terhadap Kesediaan Berdonasi Umat Buddha Niciren Syosyu
Bibliografi
Author: Myoren, Meizica ; Adishesa, Made Syanesti (Advisor)
Topik: Nudge Framing; Esho Funi; Kesediaan Berdonasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian true-experiment menggunakan teknik nudge framing. Partisipan yang dipilih adalah 68 orang umat Buddha dari NSI, yang memiliki tingkat keyakinan nilai esho funi yang bervariasi. Partisipan akan dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan tetap dijaga kesetaraan variasi tingkat keyakinan nilai esho funi di masing-masing kelompok. Kelompok eksperimen dimanipulasi dengan diberikan nudge framing berupa penguatan bahwa mereka memang memiliki nilai esho funi yang baik untuk lingkungan hidup, sedangkan dalam kelompok kontrol tidak diberikan. Penelitian ini akan menguji apakah partisipan yang mendapatkan nudge frame akan lebih besar ketertarikannya untuk berdonasi kepada organisasi pelestari lingkungan hidup atau tidak. Dalam penelitian ini juga melibatkan beberapa variabel sekunder yaitu usia, budaya, Perception of Environmental Problems, Environmental Risk Perception, Willingness to Pay, dan Environmentally-Friendly Behavior. Pengujian menggunakan uji Chi Square for Independence, Korelasi Pearson, dan Uji Regresi Logistik. Hasilnya adalah Nudge Framing atas esho funi tidak berpengaruh terhadap kesediaan berdonasi. Selain itu, juga didapat beberapa hasil tambahan yaitu terdapat hubungan positif antara usia dengan Environmentally - Friendly Behavior; terdapat hubungan positif signifikan antara Perception of Environmental Problems dengan Environmentally - Friendly Behavior; terdapat hubungan positif signifikan antara Environmental Risk Perception dengan Environmentally - Friendly Behavior; seluruh variabel sekunder secara simultan mempengaruhi intensi berdonasi; dan Willingness to Pay berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berdonasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)