Kegiatan memberi hadiah atau bingkisan kepada orang lain merupakan kebiasaan yang tidak asing lagi bagi seluruh lapisan budaya masyarakat Indonesia. Perilaku ini mendorong munculnya kebutuhan masyarakat akan berbagai macam produk yang dapat di hadiahkan kepada orang tersayang mereka. Kado.in_storee merupakan usaha pembuatan berbagai macam produk gift box customized berbasis online yang mulai beroperasi sejak Juli 2022. Selama enam bulan beroperasi usaha ini sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, terlihat dari jumlah transaksi yang cenderung meningkat setiap bulannya. Namun, masih terdapat beberapa perbaikan yang harus dilakukan agar usaha ini dapat berkembang lebih baik lagi. Dengan demikian, rencana bisnis ini ditulis sebagai pedoman strategi pemgembangan kado.in_storee agar lebih terstruktur dan terarah. Analisis rencana pengembangan bisnis dilakukan melalui metode analisis Porter Five Forces Model, analisis SWOT, menyebarkan kuesioner, penyusunan rencana pemasaran, kegiatan operasional, perencanaan sumber daya manusia, inovasi dan analisis keuangan. Hasil rencana bisnis menunjukkan bahwa kado.in_storee masih memiliki kesempatan luas untuk semakin berkembang. |