Anda belum login :: 05 Jun 2025 07:07 WIB
Detail
BukuGAMBARAN MOTIVASI UTILITARIAN DAN MOTIVASI HEDONISTIK PERGANTIAN MEREK SMARTPHONE YANG DIBELI OLEH MAHASISWA DI JABODETABEK PASCA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author: Rosmaida, Felicia Rachel ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: motivasi utilitarian dan motivasi hedonistik; pergantian merek smartphone; mahasiswa; Jabodetabek; pasca pandemi.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Sejak pandemi covid-19 membuat mahasiswa semakin memiliki ketergantungan yang tinggi dengan dunia digital, salah satunya dalam mengkonsumsi smartphone. Penggunaan smartphone yang meningkat, terdapat juga perubahan tingkat penjualan merek smartphone setiap tahun nya. Perubahan tingkat penjualan menunjukan adanya konsumen yang melakukan pergantian merek smartphone yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi utilitarian dan motivasi hedonistik pergantian merek smartphone yang dibeli oleh mahasiswa di Jabodetabek pada masa pasca pandemi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan melakukan wawancara semi terstruktur menggunakan teknik intensity sampling. Data diolah dengan menggunakan thematic analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik motivasi utilitarian maupun motivasi hedonistik sama-sama menonjol pada partisipan penelitian. Motivasi utilitarian menonjol pada alasan awal mahasiswa membeli merek smartphone karena adanya kebutuhan. Kebutuhan untuk membeli smartphone oleh mahasiswa seperti smartphone yang hilang, mengalami kerusakan, dan kebutuhan pekerjaan atau perkuliahan. Namun pada pemilihan merek smartphone yang dibeli, juga menunjukan motivasi hedonistik. Motivasi hedonistik mahasiswa membeli smartphone seperti untuk mendapatkan hasil foto yang baik dan bermain game, yang memberikan kesenangan dan kepuasan. Selain itu terdapat jenis motivasi hedonistik yang muncul ketika mahasiswa menentukan warna smartphone yang dibeli, alasan mahasiswa ingin memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang baik, serta ketika mahasiswa membeli smartphone di toko secara langsung. Didalam motivasi utilitarian dan motivasi hedonistik, juga menunjukan adanya proses pengambilan keputusan. Pembelian merek smartphone melalui evaluasi rasional dan saran dari lingkungan sosial.
Implikasi dari penelitian ini bermanfaat dalam melakukan edukasi konsumen untuk memilih merek smartphone yang sesuai kebutuhannya. Selain itu hasil penelitian dapat menjadi masukan untuk produsen smartphone, terkait kebutuhan mahasiswa mengkonsumsi smartphone.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)