Anda belum login :: 19 Apr 2025 19:38 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IVC SD Strada Nawar Bekasi  
Oleh: PAWESTRI, GENDIS WORO
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 9 no. 2 (Oct. 2011), page 104-114.
Topik: Peta Pikiran; Hasil Belajar; Pelajaran IPS
Fulltext: Gendis_Ros.pdf (44.69KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVC SD Strada Nawar Bekasi. subjek penelitian adalah peneliti, guru kelas IVC dan 44 orang peserta didik kelas IVC. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I memperkenalkan mind map dengan membagikan contoh-contoh mind map dan saat proses pembelajaran peneliti bersama-sama peserta didik membuat mind map di papan tulis. Pada siklus II, peneliti menggunakan mind map saat menjelaskan materi kemudian peserta didik secara berkelompok membuat mind map dengan topik yang sama. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa penerapan mind map pada pelajaran IPS di kelas IVC SD Strada nawar dapat meningkatkan hasil belajar IPS, teknik mencatat dapat memvariasikan kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran IPS dapat dikemas menjadi sederhana dan menarik. Guru dan siswa disarankan senantiasa untuk terus melatih kreativitas dalam membuat mind map. Hal tersebut dilakukan agar tercipta ide-ide dalam mengajar sehingga ada sesuatu yang baru dan bervariasi, khususnya pelajaran yang memiliki paparan materi yang panjang seperti pada pelajaran IPS.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)