Telkom Data science membuat akun media sosial Instagram untuk kebutuhan promosi dan menarik audiens. Selain itu Telkom Data Science & Artificial Intelligence memiliki tujuan untuk mengenalkan Telkom Data Science & Artificial Intelligence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konten media sosial Instagram dalam program Telkom Data Science dan Artificial Intelligence. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Social Media dan Social Media Content. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada para informan yaitu tiga karyawan Telkom Data Science & AI yang bergerak di bidang Data Scientist dan juga Supervisor, Social Media Specialist, dan Social Media Marketing serta delapan followers dari akun Instagram @telkom.dsc. Pada penelitian ini menggunakan dua dimensi teori yaitu social media dan social media content, hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi teori social media content lebih menarik dan terdiri dari Credible, Shareable, Useful of Fun, Interesting, Relevant, Timely, Different, dan On Brand. Dari beberapa bagian tersebut yang lebih menarik yaitu pemahaman Different yaitu karena mendapatkan hasil analisis terkait konten pillar yang paling disukai oleh followers yaitu content pillar education yang paling banyak disukai, dimana content tersebut memberikan seputar informasi terkait Telkom Data Science & Artificial Intelligence, serta sekumpulan informasi terkait data science & Artificial Intelligence. |