Anda belum login :: 06 May 2025 23:05 WIB
Detail
BukuEVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFFLINE BLOK KESEHATAN MENTAL DAN PERILAKU PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 DAN 2017 FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA
Bibliografi
Author: Jessica (201806000109) ; Wiraharja, A.P. Regina Satya (Advisor); Anastasia, Gisella (Advisor)
Topik: Evaluasi Offline; Evaluasi Online; Pembelajaran Offline; Pembelajaran Online; Evaluasi Pembelajaran; Psikiatri Pembelajaran.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Latar Belakang: Dalam pandemi COVID-19 terjadi perubahan dari pembelajaran offline menjadi online. Namun, evaluasi pembelajaran yang secara spesifik membandingkan pembelajaran online dengan offline dalam Blok Kesehatan Mental dan Perilaku masih belum banyak dilakukan. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui hasil dari evaluasi pembelajaran online yang dibandingkan dengan offline dalam blok tersebut.
Metode: Penelitian ini merupakan studi penelitian evaluatif dengan desain penelitian potong lintang yang bersifat campuran antara kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan terhadap 294 responden.
Penelitian ini menerapkan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian kuantitatif diolah dengan uji statistik Mann-Whitney.
Hasil penelitian kualitatif diolah menggunakan metode content analysis. Standar yang
dipakai dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi pembelajaran offline.
Hasil Penelitian: Uji validitas dan reliabilitas terhadap modifikasi kuesioner yang dipakai dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini diperoleh pada analisis
bivariat menunjukkan bahwa aspek konteks yaitu lingkungan pembelajaran (p = 0,000), aspek input yaitu kelengkapan materi pembelajaran (p = 0,009), aspek proses yaitu proses pelaksanaan
pembelajaran (p = 0,000), dan aspek produk yaitu Mid Blok (p = 0,038), SL Wawancara Psikiatri (p = 0,000), serta SL Wawancara Adiksi (p = 0,000) dalam Blok Kesehatan Mental dan Perilaku pada
angkatan 2019 dibandingkan dengan 2017 terdapat perbedaan yang bermakna.
Kesimpulan: Pada penelitian ini diketahui hasil evaluasi pembelajaran online yang dibandingkan dengan offline dalam Blok Kesehatan Mental dan Perilaku dalam proses pembelajaran sebaiknya tetap
menerapkan metode pembelajaran offline.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)