Pastelova merupakan perusahaan startup Pastelova bergerak di bidang fashion dan melakukan komunikasi pemasaran di media sosial Instagram yang berdoro saat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan mengetahui faktor yang menjadi penghambat dari strategi komunikasi pemasaran tersebut. Teori- teori yang terdapat dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang terdiri dari Direct Marketing, Sales Promotion, Public Relations, Personal Selling, Advertising, Word of Mouth Marketing, Events and Experiences, Interactive Marketing dan loyalitas konsumen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada internal Pastelova dan konsumen Pastelova. Hasil dari penelitian adalah Pastelova menerapkan strategi komunikasi pemasaran IMC. Berdasarkan hasil wawancara terkait Direct Marketing, Public Relations, Personal Selling, Advertising, Word of Mouth Marketing, Events and Experiences menunjukan bahwa Pastelova dapat mempertahankan konsumen di saat pandemi Covid-19. Selain itu kegiatan IMC juga dapat meningkatkan konsumen. Sementara untuk Sales Promotion & Interactive Marketing diperlukan pengembangan dan peningkatan kegiatan komunikasi pemasaran sesuai saran dari konsumen. |