Saat ini, masyarakat sudah mengetahui komitmen pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan memulai mengimplementasikan cara hidup yang lebih ramah lingkungan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang mulai membuat dan melaksanakan program CSR terkait pelestarian lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kepeduliannya terhadap masyarakat, lingkungan, serta hidup berkelanjutan. Starbucks Greener Nusantara merupakan program CSR Starbucks Indonesia sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi program CSR Starbucks Greener Nusantara dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Korporasi, Corporate Social Responsibility, dan konsep Sustainable Development Goals (SDGs). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah program CSR berjenis corporate social marketing (CSM) yang memiliki tiga dimensi, yaitu isu sosial, perubahan perilaku, dan aspek lingkungan. Variabel terikatnya adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada pilar pelaksanaan SDGs dalam tiga dimensi, yakni strengthening economies, encouraging good corporate governance, dan protecting the environment. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data yang disebarkan kepada 96 responden secara daring. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh positif antara program CSR Starbucks Greener Nusantara dan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,684 yang termasuk dalam tingkat korelasi kuat. |