Anda belum login :: 01 May 2025 04:18 WIB
Detail
ArtikelKajian Pemanfaatan Kapur Padam Sebagai Pengganti Semen dalam Campuran CMRFB (A Study of Hydrated Lime Utilization as Cement Replacement in Cold Mix Recycling Foam Bitumen)  
Oleh: Suaryana, Nyoman
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Jalan-Jembatan vol. 29 no. 1 (Apr. 2012), page 1-12.
Topik: Daur Ulang; Aspal Busa; Kapur Padam; Semen; Kinerja; CMRFB; Lendutan
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ9
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPeningkatan kondisi jalan selain memerlukan biaya yang besar juga memerlukan material yang banyak, sementara material yang memenuhi persyaratan semakin berkurang jumlahnya. Teknologi daur ulang merupakan salah satu alternatif pemecahan karena efektif dan efisien. Penggunaan kembali (daur ulang) aspal dan agregat eks perkerasan selain ekonomis juga menunjang kebutuhan akan konservasi sumber daya alam. Salah satu teknologi daur ulang yang baru dikembangkan adalah CMRFB (Could Mix Recycling Foam Bitumen), dengan menggunakan bahan pengisi semen. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti kinerja CMRFB dengan memanfaatan kapur padam yaitu kapur yang telah dihidrasikan dengan air sebagai bahan pengganti semen untuk bahan pengisi. Metodologi penelitian dilaksanakan dengan pengujian laboratorium dan uji coba skala penuh di lapangan dan pengamatan kinerja selama 2 tahun. Hasil pengujian menunjukkan CMRFB dengan bahan pengisi kapur padam mempunyai karakteristik kekuatan yang memenuhi persyaratan spesifikasi, namun masih dibawah kekuatan dengan bahan pengisi semen pada proporsi yang sama. CMRFB dalam bentuk gembur dapat disimpan sampai dengan 7 hari, sementara CMRFB dengan bahan pengisi semen harus segera dipadatkan sebelum 4 jam. Kinerja perkerasan berdasarkan nilai lendutan dan nilai kondisi menunjukkan CMRFB dengan kapur padam dan semen masih dalam kondisi baik sampai dengan umur saat ini (3 tahun). Pemanfaatan kapur padam dalam CMRFB akan menurunkan biaya produksi mengingat harga kapur padam yang relatif murah dibandingkan dengan semen. Sifat CMRFB dengan kapur padam yang dapat disimpan dalam waktu tertentu, memungkinkan untuk diproduksi dengan skala besar, dan selanjutnya disimpan untuk digunakan pada skala kecil sebagai bahan untuk pemeliharan jalan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)