Anda belum login :: 21 Apr 2025 01:51 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN POSITIVE YOUTH DEVELOPMENT EMERGING ADULTHOOD DI JABODETABEK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author: Eilena, Sylvia ; Suryani, Angela Oktavia (Advisor)
Topik: Positive Youth Development; PYD 7C’s; media sosial.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian bertujuan mengidentifikasi hubungan perilaku penggunaan media sosial dan Positive Youth Development pada emerging adulthood selama masa pandemi COVID-19. Positive Youth Development merupakan perkembangan positif youth yang dapat dilihat dari 7 indikator yaitu competence (kompetensi), confidence (kepercayaan diri), connection (koneksi), character (karakter), caring (kepedulian), contribution (kontribusi), dan creativity (kreativitas). Penggunaan media sosial didefinisikan sebagai kegiatan dan durasi waktu dari seorang individu dalam menggunakan media sosial [WhatsApp, Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, Line]. Peneliti merekrut 120 partisipan berusia 18-24 tahun dan berdomisili di Jabodetabek dengan metode convenience sampling. Penelitian menggunakan alat ukur PYD-SF (PYD Short Form), RDCA (Reisman Diagnostic Creativity Assessment), dan aspek Contribution. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dan korelasi. Pertanyaan penggalian perilaku penggunaan media sosial: (1) Media sosial yang digunakan sehari-hari; (2) Rata-rata waktu penggunaan; (3) Kegiatan di media sosial; (4) Durasi media sosial terlama [jika menggunakan beberapa media sosial] ; (5) Alasan dari nomor 4. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Positive Youth Development 7C’s emerging adulthood cenderung tinggi. Perilaku penggunaan media yang ditemukan; (1) Media yang banyak digunakan: WhatsApp, Instagram, dan Line; (2) Rata-rata waktu penggunaan 4,9 jam; (3) Kegiatan dalam media: berkomunikasi, mengeksplorasi informasi, membuat/membagikan/menonton konten; (4) Media yang penggunaan nya paling lama: WhatsApp, TikTok, Instagram; (5) Alasannya karena ada kebutuhan komunikasi, hiburan saat bosan, mindless scrolling. Kegiatan di media sosial dapat dikaitkan dengan dimensi-dimensi PYD 7C’s. Walaupun begitu, PYD 7C’s dan perilaku penggunaan media sosial hampir tidak memiliki korelasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)