Anda belum login :: 19 Apr 2025 08:33 WIB
Detail
BukuPerbaikan Kualitas Layanan Menggunakan Model Hibrid Analisis Big Data: Kasus Restoran Barbeque Korea AYCE (artikel Jurnal Teknik Vol.43 No.1 2022)
Bibliografi
Author: Sukwadi, Ronald ; Halim, Williem ; Nguyen Thi Bich Thu
Topik: kebutuhan pelanggan; restoran; big data analysis; QFD; AHP; JABFUNG-FT-RS-2023-24
Bahasa: (ID )    
Penerbit: The Faculty of Engineering Diponegoro University     Tempat Terbit: Semarang    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: JurnalTeknik2022.pdf (721.75KB; 2 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Industri kuliner terus mengalami perkembangan tiap tahunnya. Salah satu yang menjadi fenomena adalah restoran all you can eat (AYCE) Korean BBQ. Hal tersebut menyebabkan semakin ketatnya persaingan usaha restoran. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menentukan prioritas atribut layanan serta memberikan usulan perbaikannya. Model hibrid yang digunakan merupakan integrasi analisis Big Data, metode Quality Function Deployment (QFD), dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Analisis Big Data dengan Latent Dirichlet Allocation (LDA) digunakan untuk menentukan kebutuhan pelanggan berdasarkan review Zomato. Hasilnya menunjukkan terdapat 10 kebutuhan pelanggan restoran AYCE Korean BBQ sebagai input Voice of Customer (VOC) pada metode QFD. Hasil dari metode AHP menunjukkan 5 prioritas strategi layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Usulan strategi tersebut adalah membuat sistem pengontrolan berlapis dan survey kepuasan pelanggan, menerapkan sistem First In First Out (FIFO) dan Last In First Out (LIFO), melakukan pengecekan tentang kondisi alat penyimpanan bahan baku, memperbaiki SOP layanan yang ada, serta memberikan briefing dan training secara berkala.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)